Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 27 Januari 2014

NUTRI


PT Nutrifood Indonesia (NFI) merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman khususnya makanan dan minuman yang memberikan manfaat untuk kesegaran, kesehatan, dan appearance yang berkualitas internasional. Didirikan pada tanggal 2 Februari 1979 di Semarang atas prakarsa Bapak Hari Budiarto Darmawan, M.Sc, kemudian pada tanggal 2 November 1980 disahkan oleh menteri kehakiman RI Y.A. No. 5/586/2. Pada awalnya kantor pusat PT Nutrifood Indonesia berlokasi di Jalan Tanah Abang III No.31 Jakarta, sedangkan pabriknya berlokasi di Semarang, hasil produksinya berupa sirup, minuman serbuk instan (Nutrisari) dan produk susu.
Pada bulan Februari 1995, kantor pusat PT Nutrifood Indonesia berpindah ke Jl. Rawabali II/No.3, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, sedangkan kedua pabrik yakni Tropicana Slim Indonesia (TSI) dan Nutrisari Indonesia (NSI) dipindahkan ke Jl. Raya Ciawi No.280 A, Ciawi, Bogor sejak bulan April 1980. Perpindahan lokasi tersebut bertujuan untuk mengembangkan perusahaan dan mempermudah pelayanan terhadap konsumen.
PT Nutrifood Indonesia memiliki pilar-pilar pendukung sebagai dasar dalam melaksanakan berbagai kegiatan sehingga kegiatan-kegiatan tersebut mampu memberikan hasil yang memuaskan dan bermanfaat. Pilar-pilar tersebut antara lain adalah :

1. Produk dan layanan yang berkualitas
Nutrifood secara inovatif menyediakan produk dan layanan premium yang bermutu tinggi, memberi kemudahan dan menyenangkan, serta efektif berdasarkan pendekatan ilmiah.
2. Managemen yang profesional
Nutrifood didukung oleh tim ahli yang profesional serta memiliki komitmen tinggi, berpengalaman dan inovatif dalam memaksimalkan kualitas produk dan layanan.
3. Program yang melibatkan pemangku kepentingan
Nutrifood secara inovatif dan proaktif melakukan edukasi dan promosi gaya hidup sehat dan bernutrisi yang melibatkan pemangku kepentingan utama (Key stakeholders).

Saat ini PT Nutrifood Indonesia sebagai sebuah perusahaan swasta nasional telah berhasil mengembangkan pasarnya bukan hanya di pasar lokal namun juga ke pasar ekspor ke negara-negara sedang berkembang lain.
PT Nutrifood Indonesia adalah perusahaan yang secara inovatif menginspirasi dan membantu setiap individu untuk mencapai keseimbangan hidup dengan menjalankan pola hidup sehat yang menyenangkan dan memperhatikan asupan nutrisi sehingga dapat menikmati hidup sehat lebih lama. Oleh karena itu, produk yang dihasilkan adalah produk-produk untuk kesehatan. Dua macam produk yang dihasilkan oleh PT Nutrifood Indonesia, yaitu:

1.   Produk Diet
Produk Diet ini untuk konsumen yang menderita penyakit Diabetes melitus / kencing manis. Selain itu, penggunaan produk ini juga untuk konsumen yang ingin menjaga kerampingan tubuh dalam mengatasi kegemukan.
2.   Produk non Diet
PT Nutrifood Indonesia terus berusaha untuk memajukan dan mengembangkan produk-produknya sesuai dengan tuntutan zaman.

Lokasi Perusahaan


PT  Nutrifood Indonesia menempati dua lokasi yaitu :
1.       Lokasi I : Jl. Rawabali II/No. 3, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur. Lokasi ini merupakan lokasi yang diperuntukkan untuk kegiatan perkantoran dari PT Nutrifood Indonesia.
2.       Lokasi II : Jl. Raya Ciawi No. 280 A Ciawi, Bogor.  Lokasi ini merupakan lokasi pabrik dan Gudang Logistik dari PT Nutrifood Indonesia.
3.       Lokasi III : MM2100 Cibitung (Jalan Selayar Blok H.7), Cikarang Barat, Jawa Barat

Nutrifood berusaha untuk menjadi pioneer dan pemimpin pasar dalam memberikan solusi atau cara yang tepat kepada pelanggan kami untuk meraih kehidupan yang lebih sehat, lebih nikmat dan penuh arti, baik untuk saat ini maupun di masa mendatang. Oleh karena itu PT Nutrifood indonesia memiliki misi yaitu : Inspiring a nutritious life

Untuk mewujudkan misi tersebut, Nutrifood berusaha memahami pelanggan dalam setiap fase kehidupan yang dialaminya, mengidentifikasi kebutuhan unik mereka, dan memberikan solusi. Terutama melalui produk dan pelayanan bernutrisi untuk meraih kehidupan yang lebih sehat dan berkualitas. Nutrifood hadir untuk menginspirasi kehidupan yang bernutrisi.
PT Nutrifood Indonesia memiliki budaya perusahaan (corporate culture) tersendiri sebagai ciri khas dan jati diri keluarga besar PT Nutrifood Indonesia. Budaya ini dikenal dengan sebutan I CARE. Budaya ini merupakan suatu akronim dari beberapa kata dalam bahasa Inggris, yaitu :

1.       Integrity
Integrity atau nilai moral yang tinggi adalah dasar dari kepercayaan dalam hubungan satu sama lain. Semua orang ingin berhubungan dengan orang yang memiliki nilai-nilai etika dan dapat dipercaya. Contohnya bersikap jujur dan bertanggung jawab atas pekerjaan dan hasil kerja.  Berikut ini adalah beberapa sikap yang menunjukan sebuah Integrity :
Ø  Menjalankan apa yang kita janjikan atau katakan (walk the talk)
Ø  Menjunjung tinggi nilai-nilai etika ( kejujuran, kepatuhan, kebaikan)
Ø  Bertanggung jawab atas pekerjaan dan hasil pekerjaan (ownership)
Ø  Melakukan hal-hal yang benar walaupun tanpa pengawasan ataupun dengan pengawasan minim (self control)

Collaboration atau kerja bersama untuk mencapai tujuan bersama adalah prinsip kita dalam bekerja di suatu organisasi, diharapkan masing-masing anggota organisasi dapat saling membantu dan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan. Contohnya berkontribusi aktif terhadap kemajuan tim, mau membantu anggota kelompok yang membutuhkan. Berikut ini adalah beberapa sikap yang menunjukan sebuah Collaboration :
Ø  Mendahulukan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi      atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama
Ø  Membina komunikasi yang baik dengan seluruh anggota organisasi
Ø  Berkontribusi aktif terhadap performance team
Ø  Membantuk anggota yang membutuhkan
Ø  Tidak takut dengan konflik dalam mencapai solusi terbaik, dan tidak mengarah kepada konflik antar pribadi

3.       Innovation
Innovation atau menciptakan ide-ide baru adalah kunci memenangkan persaingan di masa mendatang, bisa berupa terobosan (breakthrough) atau perbaikan terus menerus (continuous improvement) lingkungan yang kondusif bagi tim untuk bekerjasama  mencapai visi. Dengan terus berinovasi, kita juga bisa membangkitkan kebanggaan akan organisasi yang terus menerus berada terdepan dalam bidangnya. Contohnya terbuka terhadap perubahan baru dalam bekerja, mau memberikan ide baru untuk perbaikan departemen. Berikut ini adalah beberapa sikap yang menunjukan sebuah Innovation :

Ø  Terbuka terhadap perubahan dan alternative baru dalam bekerja
Ø  Memberikan ide-ide baru untuk perbaikan dalam lingkup department atau divisi
Ø  Menghasilkan perbaikan terus menerus(continuous improvement)
Ø  Challenge the status quo

4.       Respect
Respect atau menghargai orang lain adalah dasar yang paling mendalam dari komunikasi yang sehat antara manusia. Semua orang ingin untuk dihargai dan mendapat perlakuan baik. Contohnya menghargai perbedaan dan mau mendengarkan pendapat orang lain. Berikut ini adalah beberapa sikap yang menunjukan sebuah Respect :

Ø  Menghargai perbedaan dan mendengarkan pendapat orang lain serta mempertimbangkan ide-ide orang lain
Ø  Menghargai hasil usaha orang lain dengan sesuai dan sepantasnya
Ø  Mempertimbangkan perdapat orang lain dalam memutuskan sesuatu
Ø  Memberlakukan orang lain secara fair
Ø  Menyampaikan pendapat atau masukan dengan cara yang sopan.

5.       Excellence
Striving for Excellence atau kemauan untuk terus menerus mencapai hasil yang lebih baik merupakan dasar dari profesionalisme dalam bekerja, diharapkan setiap orang untuk bangga atas pekerjaan yang dilakukan karena hasilnya sangat baik, dapat melebihi harapan konsumen, rekan kerja, dan atasannya. Contohnya selalu berusaha untuk mencapai hasil kerja yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa sikap yang menunjukan sebuah  Excellence :

Ø  Bekerja dengan cepat dan tepat
Ø  Memiliki standar kerja yang tinggi
Ø  Selalu berusaha untuk mencapai hasil kerja yang lebih baik
Ø  Meningkatkan kompetensi untuk meningkatkan kinerja
Ø  Keputusan yang diambil merupakan hasil dari analisa mendalam sehingga merupakan hasil terbaik yang bisa didapatkan.

Selain budaya I CARE, PT Nutrifood Indonesia juga menerapkan budaya 5R. Budaya 5R diterapkan di PT Nutrifood Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, kualitas, dan keselamatan kerja karyawan. Budaya 5R itu terdiri dari :
            a.     Ringkas
Prinsip RINGKAS adalah memisahkan segala sesuatu yang diperlukan dan menyingkirkan yang tidak diperlukan dari tempat kerja. Mengetahui benda mana yang tidak digunakan, mana yang akan disimpan, serta bagaimana cara menyimpan supaya dapat mudah diakses terbukti sangat berguna bagi sebuah perusahaan.

            b.     Rapi
Prinsip RAPI adalah menyimpan barang sesuai dengan tempatnya. Kerapian adalah hal mengenai sebagaimana cepat kita meletakkan barang dan mendapatkannya kembali pada saat diperlukan dengan mudah. Perusahaan tidak boleh asal-asalan dalam memutuskan dimana benda-benda harus diletakkan untuk mempercepat waktu untuk memperoleh barang tersebut.

         c.        Resik
Prinsip RESIK adalah membersihkan tempat/ lingkungan kerja, mesin/ peralatan dan barang-barang agar tidak terdapat debu dan kotoran. Kebersihan harus dilaksanakan dan dibiasakan oleh setiap orang dari CEO hingga pada tingkat office boy.

         d.        Rawat
Prinsip RAWAT adalah mempertahankan hasil yang telash dicapai pada 3R sebelumnya dengan membakukannya (standardisasi).

         e.        Rajin
Prinsip RAJIN adalah terciptanya kebiasaan pribadi karyawan untuk menjaga dan meningkatkan apa yang sudah dicapai. RAJIN di tempat kerja berarti pengembangan kebiasaan positif di tempat kerja. Apa yang sudah baik harus selalu dalam keadaan prima setiap saat.

Keberhasilan dalam melaksanakan budaya 5R dapat diraih dengan penegakan disiplin dari masing-masing individu karena pelaksanaan 5R berawal dari diri pribadi dan budaya tersebut perlu dilakukan setiap hari hingga pada akhirnya setiap individu yang melaksanakan budaya tersebut akan mendapatkan manfaatnya.

1)      Komoditas Perusahaan Tempat PI
a.    Susu
b.   Minuman Sari Buah
c.    Sirup
d.   Gula
e.    Minuman Serbuk
f.    Cookies/Biskuit Coklat

2)   Penanganan Quality Control Perusahaan Tempat PI
Penanganan QC pada perusahaan yang digunakan untuk PI sangat teliti. Dengan sangat memperhitungkan kualitas dari produk yang dibuat dari perusahaan itu. Tanpa menghiraukan kerugian yang akan terjadi, bila memang barang tersebut tidak layak keluar maka orang QC akan menahan produk tersebut tanpa pandang bulu. Dengan itu QC juga berperan penting dalam menjaga kualitas barang/produk yang akan dipasarkan. Sehingga kualitas poduk yang dpasarkan akan selalu memenuhi persyaratan yang telah ada dan menjaga keamanan serta kenyamanan pelanggan/pengguna produk. Dari tugas itu perusahaan juga diuntungkan dengan minimnya complain dari pihak luar yang berperan sebagai pengguna atau distributor dari produk yang di produksi oleh perusahaan tempat PI.

3)   Penanganan Limbah Perusahaan Tempat PI
Penanganan limbah dari perusahaan tempat PI dapat dibilang bagus, penanganan pada limbah dari proses produksi ataupun analisa di pisah-pisah menurut tingkat bahayanya. Dalam jumlah kecil atau pada suatu bagian departemen tertentu limbah dipisahakan dengan hanya memasukkan pada jerigen yang telah di kasih nama berdasarkan sifat limbah tersebut. Dari kumpulan limbah kecil tersebut di ambil oleh bagian yang menangani limbah untuk dilakukan penanganan selanjutnya sehingga dapat di buang di pembuangan umum.
4)  HRD Dan Standar Pegawai Perusahan Tempat PI
HRD salah satu pekerjaannya menangani beberapa hubungan karyawan dengan perusahaan, entah karyawan baru atau pun yang sudah lama. Untuk karyawan baru HRD berperan penuh dalam penyeleksian. Seperti penentuan tes-tes yang diadakan perusahaan dan wawancara tahap awal dalam pendaftaran. Selain menangani karyawan baru, adapun pekerjaan HRD dengan karyawan di PT. Nutrifod Indonesia, seperti pemberian gaji. Untuk masalah gaji pada karyawan dilakukan dengan pengiriman online melalui atm suatu bank tertentu. Untuk standar pegawai PT. Nutrifood Indonesia telah ditentukan. Seperti pada pendaftaran harus sesuai dulu dengan tujuan yang akan dimasuki dengan sekolah akhir calon pegawai. Misal ingin mendaftar untuk bagian laboratorium harus memenuhi syarat lulus D3. Setelah itu akan ada tes sebelum masuk PT. Nutrifod Indonesia yaitu tes psikologi dan tes wawancara, dan harus lolos dua-duanya.
5)   Produk Hasil Olahan Dan Sasaran Pemakai Local/Eksport/Import Perusahaan Tempat PI
1.    Susu:
a)   Anak Kecil
b)   Remaja
c)    Dewasa
d)   Laki-Laki Dewasa
e)    Perempuan Dewasa
f)    Penderita Diabetes
2.    Minuman serbuk: Untuk Semua Kalangan
3.    Cookies/Biskuit Coklat:
a)   Untuk Semua Kalangan
b)   Wanita Dewasa
c)    Penderita Diabetes
4.   Minuman Sari Buah: Untuk Semua Kalangan
5.    Gula Untuk Penderita Diabetes
6.   Sirup: Untuk Semua Kalangan
7.    Yogurt: untuk semua kalangan
8.    Mie Instan: untuk semua kalangan

6)  System Pemasaran Produk/Jasa Perusahaan Tempat PI
System pemasaran produk-produk di PT.Nutrifood Indonesia yaitu dengan memasukakan pada swalayan-swalayan, ada juga yang telah di buka kedai pada beberapa mall khusus untuk salah satu produk di PT. Nutrifood Indonesia. Selain itu sering juga buka stand/lapak pada event-event tertentu yaitu sebagai sponsor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar