PT Nutrifood Indonesia (NFI) merupakan
perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman khususnya makanan dan minuman
yang memberikan manfaat untuk kesegaran, kesehatan, dan appearance yang berkualitas internasional. Didirikan pada tanggal 2
Februari 1979 di Semarang atas prakarsa Bapak Hari Budiarto Darmawan, M.Sc,
kemudian pada tanggal 2 November 1980 disahkan oleh menteri kehakiman RI Y.A. No. 5/586/2. Pada
awalnya kantor pusat PT Nutrifood Indonesia
berlokasi di Jalan Tanah Abang III No.31 Jakarta, sedangkan pabriknya berlokasi
di Semarang, hasil produksinya berupa sirup, minuman serbuk instan (Nutrisari)
dan produk susu.
Pada bulan Februari 1995, kantor pusat
PT Nutrifood Indonesia
berpindah ke Jl. Rawabali II/No.3, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur,
sedangkan kedua pabrik yakni Tropicana Slim Indonesia (TSI) dan Nutrisari
Indonesia (NSI) dipindahkan ke Jl. Raya Ciawi No.280 A, Ciawi, Bogor sejak
bulan April 1980. Perpindahan lokasi tersebut bertujuan untuk mengembangkan
perusahaan dan mempermudah pelayanan terhadap konsumen.
PT Nutrifood Indonesia memiliki pilar-pilar pendukung
sebagai dasar dalam melaksanakan berbagai kegiatan
sehingga kegiatan-kegiatan tersebut mampu memberikan hasil yang memuaskan dan
bermanfaat. Pilar-pilar tersebut antara lain adalah :
1. Produk dan layanan yang berkualitas
Nutrifood secara
inovatif menyediakan produk dan layanan premium yang bermutu tinggi, memberi
kemudahan dan menyenangkan, serta efektif berdasarkan pendekatan ilmiah.
2. Managemen yang profesional
Nutrifood didukung
oleh tim ahli yang profesional serta memiliki komitmen tinggi, berpengalaman
dan inovatif dalam memaksimalkan kualitas produk dan layanan.
3. Program yang melibatkan pemangku kepentingan
Nutrifood secara
inovatif dan proaktif melakukan edukasi dan promosi gaya hidup sehat dan
bernutrisi yang melibatkan pemangku kepentingan utama (Key stakeholders).
Saat ini PT Nutrifood Indonesia sebagai sebuah perusahaan
swasta nasional telah berhasil mengembangkan pasarnya bukan hanya di pasar
lokal namun juga ke pasar ekspor ke negara-negara sedang berkembang lain.
PT Nutrifood Indonesia adalah perusahaan yang
secara inovatif menginspirasi dan membantu setiap individu untuk mencapai
keseimbangan hidup dengan menjalankan pola hidup sehat yang menyenangkan dan
memperhatikan asupan nutrisi sehingga dapat menikmati hidup sehat lebih lama. Oleh karena itu, produk yang dihasilkan adalah
produk-produk untuk kesehatan. Dua macam produk yang dihasilkan oleh PT
Nutrifood Indonesia, yaitu:
1.
Produk Diet
Produk Diet ini untuk konsumen yang menderita penyakit
Diabetes melitus / kencing manis. Selain itu, penggunaan produk ini juga
untuk konsumen yang ingin menjaga kerampingan tubuh dalam mengatasi kegemukan.
2.
Produk non Diet
PT Nutrifood Indonesia terus berusaha untuk memajukan dan
mengembangkan produk-produknya sesuai dengan tuntutan zaman.
Lokasi Perusahaan
PT
Nutrifood Indonesia menempati dua lokasi yaitu :
1.
Lokasi I : Jl. Rawabali
II/No. 3, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur. Lokasi ini merupakan
lokasi yang diperuntukkan untuk kegiatan perkantoran dari PT Nutrifood
Indonesia.
2.
Lokasi II : Jl. Raya Ciawi
No. 280 A Ciawi, Bogor. Lokasi ini merupakan lokasi pabrik dan Gudang
Logistik dari PT Nutrifood Indonesia.
3.
Lokasi III :
MM2100 Cibitung
(Jalan Selayar Blok H.7), Cikarang Barat, Jawa Barat
Nutrifood berusaha untuk menjadi pioneer dan pemimpin
pasar dalam memberikan solusi atau cara yang tepat kepada pelanggan kami untuk
meraih kehidupan yang lebih sehat, lebih nikmat dan penuh arti, baik untuk saat
ini maupun di masa mendatang. Oleh karena itu PT Nutrifood
indonesia memiliki misi yaitu : Inspiring a nutritious life
Untuk
mewujudkan misi tersebut, Nutrifood berusaha memahami pelanggan dalam setiap
fase kehidupan yang dialaminya, mengidentifikasi kebutuhan unik mereka, dan
memberikan solusi. Terutama melalui produk dan pelayanan bernutrisi untuk
meraih kehidupan yang lebih sehat dan berkualitas. Nutrifood hadir untuk
menginspirasi kehidupan yang bernutrisi.
PT Nutrifood Indonesia memiliki budaya perusahaan (corporate culture) tersendiri sebagai
ciri khas dan jati diri keluarga besar PT Nutrifood Indonesia. Budaya ini
dikenal dengan sebutan I CARE. Budaya ini merupakan suatu akronim dari beberapa
kata dalam bahasa Inggris, yaitu :
1.
Integrity
Integrity atau nilai moral yang tinggi adalah dasar dari kepercayaan
dalam hubungan satu sama lain. Semua orang ingin berhubungan dengan orang yang
memiliki nilai-nilai etika dan dapat dipercaya. Contohnya bersikap jujur dan
bertanggung jawab atas pekerjaan dan hasil kerja. Berikut ini adalah beberapa sikap yang
menunjukan sebuah Integrity :
Ø Menjalankan apa yang kita janjikan atau katakan (walk the talk)
Ø Menjunjung tinggi nilai-nilai etika ( kejujuran, kepatuhan, kebaikan)
Ø Bertanggung jawab atas pekerjaan dan hasil pekerjaan (ownership)
Ø Melakukan hal-hal yang benar walaupun tanpa pengawasan ataupun dengan
pengawasan minim (self control)
Collaboration atau kerja bersama untuk mencapai tujuan bersama adalah
prinsip kita dalam bekerja di suatu organisasi, diharapkan masing-masing
anggota organisasi dapat saling membantu dan menciptakan lingkungan kerja yang
menyenangkan. Contohnya berkontribusi aktif terhadap kemajuan tim, mau membantu
anggota kelompok yang membutuhkan. Berikut ini adalah beberapa sikap yang
menunjukan sebuah Collaboration :
Ø Mendahulukan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi atau kelompok untuk mencapai tujuan
bersama
Ø Membina komunikasi yang baik dengan seluruh anggota organisasi
Ø Berkontribusi aktif terhadap performance team
Ø Membantuk anggota yang membutuhkan
Ø
Tidak takut dengan konflik dalam mencapai
solusi terbaik, dan tidak mengarah kepada konflik antar pribadi
3.
Innovation
Innovation atau menciptakan ide-ide baru adalah kunci memenangkan
persaingan di masa mendatang, bisa berupa terobosan (breakthrough) atau
perbaikan terus menerus (continuous improvement) lingkungan yang
kondusif bagi tim untuk bekerjasama mencapai
visi. Dengan terus berinovasi, kita juga bisa membangkitkan kebanggaan akan
organisasi yang terus menerus berada terdepan dalam bidangnya. Contohnya
terbuka terhadap perubahan baru dalam bekerja, mau memberikan ide baru untuk
perbaikan departemen. Berikut ini adalah beberapa sikap yang menunjukan sebuah Innovation :
Ø Terbuka terhadap perubahan dan alternative baru dalam bekerja
Ø Memberikan ide-ide baru untuk perbaikan dalam lingkup department atau
divisi
Ø Menghasilkan perbaikan terus menerus(continuous
improvement)
Ø Challenge the status quo
4.
Respect
Respect atau menghargai orang lain adalah dasar yang paling
mendalam dari komunikasi yang sehat antara manusia. Semua orang ingin untuk
dihargai dan mendapat perlakuan baik. Contohnya menghargai perbedaan dan mau
mendengarkan pendapat orang lain. Berikut ini adalah beberapa sikap yang
menunjukan sebuah Respect :
Ø Menghargai perbedaan dan mendengarkan pendapat orang lain serta
mempertimbangkan ide-ide orang lain
Ø Menghargai hasil usaha orang lain dengan sesuai dan sepantasnya
Ø Mempertimbangkan perdapat orang lain dalam memutuskan sesuatu
Ø Memberlakukan orang lain secara fair
Ø Menyampaikan pendapat atau masukan dengan cara yang sopan.
5.
Excellence
Striving for Excellence atau kemauan untuk terus menerus mencapai hasil yang lebih
baik merupakan dasar dari profesionalisme dalam bekerja, diharapkan setiap
orang untuk bangga atas pekerjaan yang dilakukan karena hasilnya sangat baik,
dapat melebihi harapan konsumen, rekan kerja, dan atasannya. Contohnya selalu
berusaha untuk mencapai hasil kerja yang lebih baik. Berikut ini adalah
beberapa sikap yang menunjukan sebuah Excellence
:
Ø Bekerja dengan cepat dan tepat
Ø Memiliki standar kerja yang tinggi
Ø Selalu berusaha untuk mencapai hasil kerja yang lebih baik
Ø Meningkatkan kompetensi untuk meningkatkan kinerja
Ø Keputusan yang diambil merupakan hasil dari analisa mendalam sehingga
merupakan hasil terbaik yang bisa didapatkan.
Selain budaya I CARE, PT Nutrifood Indonesia juga menerapkan budaya 5R. Budaya 5R
diterapkan di PT Nutrifood Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan
efisiensi, produktivitas, kualitas, dan keselamatan kerja karyawan. Budaya 5R
itu terdiri dari :
a. Ringkas
Prinsip RINGKAS adalah
memisahkan segala sesuatu yang diperlukan dan menyingkirkan yang tidak
diperlukan dari tempat kerja. Mengetahui benda mana yang tidak digunakan, mana
yang akan disimpan, serta bagaimana cara menyimpan supaya dapat mudah diakses
terbukti sangat berguna bagi sebuah perusahaan.
b. Rapi
Prinsip RAPI adalah
menyimpan barang sesuai dengan tempatnya. Kerapian adalah hal mengenai
sebagaimana cepat kita meletakkan barang dan mendapatkannya kembali pada saat
diperlukan dengan mudah. Perusahaan tidak boleh asal-asalan dalam memutuskan
dimana benda-benda harus diletakkan untuk mempercepat waktu untuk memperoleh
barang tersebut.
c.
Resik
Prinsip RESIK adalah
membersihkan tempat/ lingkungan kerja, mesin/ peralatan dan barang-barang agar
tidak terdapat debu dan kotoran. Kebersihan harus dilaksanakan dan dibiasakan
oleh setiap orang dari CEO hingga pada tingkat office boy.
d.
Rawat
Prinsip RAWAT adalah
mempertahankan hasil yang telash dicapai pada 3R sebelumnya dengan
membakukannya (standardisasi).
e.
Rajin
Prinsip RAJIN adalah
terciptanya kebiasaan pribadi karyawan untuk menjaga dan meningkatkan apa yang
sudah dicapai. RAJIN di tempat kerja berarti pengembangan kebiasaan positif di
tempat kerja. Apa yang sudah baik harus selalu dalam keadaan prima setiap saat.
Keberhasilan dalam melaksanakan budaya 5R dapat diraih dengan
penegakan disiplin dari masing-masing individu karena pelaksanaan 5R berawal
dari diri pribadi dan budaya tersebut perlu dilakukan setiap hari hingga pada
akhirnya setiap individu yang melaksanakan budaya tersebut akan mendapatkan
manfaatnya.
1)
Komoditas Perusahaan Tempat
PI
a. Susu
b. Minuman Sari Buah
c. Sirup
d. Gula
e. Minuman Serbuk
f. Cookies/Biskuit Coklat
2) Penanganan Quality Control Perusahaan Tempat PI
Penanganan QC pada perusahaan yang digunakan untuk
PI sangat teliti. Dengan sangat memperhitungkan kualitas dari produk yang
dibuat dari perusahaan itu. Tanpa menghiraukan kerugian yang akan terjadi, bila
memang barang tersebut tidak layak keluar maka orang QC akan menahan produk tersebut
tanpa pandang bulu. Dengan itu QC juga berperan penting dalam menjaga kualitas
barang/produk yang akan dipasarkan. Sehingga kualitas poduk yang dpasarkan akan
selalu memenuhi persyaratan yang telah ada dan menjaga keamanan serta
kenyamanan pelanggan/pengguna produk. Dari tugas itu perusahaan juga
diuntungkan dengan minimnya complain dari pihak luar yang berperan sebagai
pengguna atau distributor dari produk yang di produksi oleh perusahaan tempat
PI.
3) Penanganan Limbah Perusahaan Tempat PI
Penanganan limbah dari perusahaan tempat PI dapat
dibilang bagus, penanganan pada limbah dari proses produksi ataupun analisa di
pisah-pisah menurut tingkat bahayanya. Dalam jumlah kecil atau pada suatu
bagian departemen tertentu limbah dipisahakan dengan hanya memasukkan pada
jerigen yang telah di kasih nama berdasarkan sifat limbah tersebut. Dari
kumpulan limbah kecil tersebut di ambil oleh bagian yang menangani limbah untuk
dilakukan penanganan selanjutnya sehingga dapat di buang di pembuangan umum.
4) HRD Dan Standar Pegawai Perusahan Tempat PI
HRD salah satu pekerjaannya menangani beberapa
hubungan karyawan dengan perusahaan, entah karyawan baru atau pun yang sudah
lama. Untuk karyawan baru HRD berperan penuh dalam penyeleksian. Seperti
penentuan tes-tes yang diadakan perusahaan dan wawancara tahap awal dalam
pendaftaran. Selain menangani karyawan baru, adapun pekerjaan HRD dengan
karyawan di PT. Nutrifod Indonesia, seperti pemberian gaji. Untuk masalah gaji
pada karyawan dilakukan dengan pengiriman online melalui atm suatu bank
tertentu. Untuk standar pegawai PT. Nutrifood Indonesia telah ditentukan.
Seperti pada pendaftaran harus sesuai dulu dengan tujuan yang akan dimasuki
dengan sekolah akhir calon pegawai. Misal ingin mendaftar untuk bagian laboratorium
harus memenuhi syarat lulus D3. Setelah itu akan ada tes sebelum masuk PT.
Nutrifod Indonesia yaitu tes psikologi dan tes wawancara, dan harus lolos
dua-duanya.
5) Produk Hasil Olahan Dan Sasaran Pemakai
Local/Eksport/Import Perusahaan Tempat PI
1. Susu:
a) Anak Kecil
b) Remaja
c) Dewasa
d) Laki-Laki Dewasa
e) Perempuan Dewasa
f) Penderita Diabetes
2. Minuman serbuk: Untuk Semua Kalangan
3. Cookies/Biskuit Coklat:
a) Untuk Semua Kalangan
b) Wanita Dewasa
c) Penderita Diabetes
4. Minuman Sari Buah: Untuk Semua Kalangan
5. Gula Untuk Penderita Diabetes
6. Sirup: Untuk Semua Kalangan
7. Yogurt: untuk semua kalangan
8. Mie Instan: untuk semua kalangan
6) System Pemasaran Produk/Jasa Perusahaan Tempat PI
System pemasaran produk-produk di PT.Nutrifood Indonesia yaitu dengan memasukakan pada swalayan-swalayan,
ada juga yang telah di buka kedai pada beberapa mall khusus untuk salah satu
produk di PT. Nutrifood Indonesia. Selain itu sering juga buka stand/lapak pada
event-event tertentu yaitu sebagai sponsor.